Sekretariat DPRD serta Bagian Hukum Kota Salatiga Provinsi Jawa kunjungi kantor DPRD Kab. Bungo

Kamis, 12 Maret 2020 | 09:08:40 WIB | Dibaca: 182 Kali



Kamis (12/03/2020) Subbagian Humas Protokol dan Publikasi Sekretariat DPRD Kabupaten Bungo Bersama Kepala Bagian Umum dan Keuangan Sekretariat DPRD Kabupaten Bungo menerima kunjungan dari DPRD Kuantan Singingi Provinsi Riau dan Sekretariat DPRD  serta Bagian Hukum Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah terkait pengembangan dan pemanfaatan Sistem Informasi Legislatif DPRD (SIMLEG).

Pertemuan yang dilangsungkan di ruang pelanta aspirasi DPRD tersebut berlangsung hangat,  dalam pertemuan tersebut pihak Sekretariat DPRD dan Bagian Hukum Kota Salatiga  mempertanyaan terkait pengembangan dan pemanfaatan simleg  dalam rangka memfasilitasi pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD.

Dalam hal ini Kepala subbagian Humas Protokol dan Publikasi Rizamsir, S.H. memaparkan bagaimana proses pembentukan sampai berjalannya program simleg itu sendiri hingga saat ini terdapat tujuh aplikasi yang telah di kelola oleh sekretariat DPRD yakni :

  1. Website DPRD Kabupaten Bungo
  2. JDIH DPRD Kabupaten Bungo
  3. Perpustakaan Online DPRD Kabupaten Bungo
  4. Sistem Informasi Layanan Aspirasi Terpadu (SILAT)
  5. Sistem Informasi Surat Elektronik (SISULE)
  6. Sistem Informasi Risalah (SIRISA)
  7. Sistem Informasi Barang Milik Daerah (BMD)

JDIH sendiri merupakan aplikasi yang memuat berbagai Dokumentasi Produk Hukum seperti Peraturan Daerah, Peraturan Bupati, Peraturan DPRD, Keputusan DPRD, Naskah Akademik dll. JDIH DPRD Kabupaten Bungo ini merupakan salahsatu aplikasi di simleg yang sangat menarik untuk dibahas dan sangat sering di tanyakan oleh tamu-tamu dari luar daerah, baik itu mengenai proses pembuatan, pengembangan hingga pengelolaannya, hal ini tidak terlepas dari perestasi yang pernah diraih oleh Sekretariat DPRD beberapa waktu yang lalu, yakni menjadi Sekretariat DPRD satu satunya Se-Indonesia  yang JDIHnya terintegrasi dengan JDIHN Kementerian Hukum dan Ham RI. Selain itu JDIH DPRD Kabupaten Bungo juga memperoleh JDIH terbaik tingkat sekretariat DPRD yang penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan Ham RI yakni Bapak Yasonna H. Laoly  pada 9 September 2019 yang lalu di Jakarta.

Selain JDIH, DPRD juga memiliki Perpustakaan Online Khusus yang telah terintegrasi dengan Perpustakaan Nasional. Subag Humas Protokol dan Publikasi DPRD Kabupaten Bungo juga memaparkan bahwasannya saat ini dalam rangka mempasilitasi kegiatan Dewan dalam hal publikasi Sekretariat DPRD juga telah membentuk Tim Updating Website dimana bertugas mengupdate berita kegiatan Dewan baik dalam bentuk Artikel maupun Video yang dimuat di Website resmi DPRD dan Akun Sosial Media DPRD yang dalam proses pembuatannya di kerjakan sendiri oleh staff Sekretariat DPRD Kabupaten Bungo. (elv)

Komentar Facebook